Lifestyle

Berapa Biaya Mengirim Barang ke Luar Negeri

Jika anda akan mengirim barang keluar negeri atau sebaliknya, salah satu hal pertama yang pasti anda pikirkan adalah tentang harga. Berapa biayanya ya, mahal apa murah?

 

Nah, dalam pengiriman luar negeri ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga ongkir pengiriman, salah satunya tentu saja adalah faktor jarak pengiriman.

 

Lalu, selain jarak apa saja sih faktor yang mempengaruhi mahal atau murahnya mengirim barang ke luar negeri. Dibawah ini dapat anda simak ulasan singkatnya, antara lain yakni :

Faktor yang Mempengaruhi Mahal atau Murahnya Pengiriman

 

  1. Faktor Kecepatan

 

Jika anda ingin mengirim barang menggunakan ekspedisi luar negeri, ada 2 pilihan pengiriman yang dapat anda lakukan, yakni menggunakan kapal laut atau menggunakan pesawat.

 

Jika mengirim menggunakan kapal laut tentu saja barang akan membutuhkan waktu cukup lama untuk sampai di tujuan, bisa berminggu minggu, bahkan sampai berbulan bulan tergantung jarak negara pengirim dan negara penerima.

 

Meskipun lama, ongkos kirim pengiriman menggunakan kapal laut lebih murah. Biasanya pilihan menggunakan kapal laut digunakan para eksportir atau importir ketika barang yang dikirim berjumlah banyak dan memiliki volume yang besar.

 

Berbeda dengan pengiriman lewat udara menggunakan pesawat. Pengiriman jenis ini sangat cepat. Biasanya digunakan untuk mengirim barang dalam skala kecil, entah itu untuk pengiriman dokumen, barang hasil belanja online ataupun barang lain yang beratnya hanya berkilo-kilo gram saja.

 

 

  1. Faktor Berat Barang

Selain kecepatan, hal yang mempengaruhi mahal atau tidaknya pengiriman antar negara adalah berat barang. Jika mengirim dalam jumlah banyak tentu saja ongkir yang harus dibayarkan sangat mahal.

 

Nah, dalam dunia importir atau eksportir, pengiriman menggunakan kapal laut biasanya tidak menggunakan itungan harga ongkir perkilogram, melainkan dihitung berdasarkan volume barang atau kubikasi CBM.

 

Semakin besar space yang dihabiskan untuk menyimpan barang, maka semakin mahal pula harganya tak peduli ringan atau berat benda tersebut. Ini dikarenakan pengiriman via jalur laut biasanya menggunakan peti-peti kemas.

 

  1. Faktor Jarak Pengiriman

 

Bagaimanapun, setiap negara memiliki jarak yang berbeda-beda dari tempat anda di Indonesia. Semakin jauh jarak pengiriman maka semakin mahal pula ongkir yang harus dibayarkan.

Ongkos kirim yang harus anda bayarkan untuk jasa pengiriman barang ke Malaysia via laut tentu saja saja akan lebih murah dibanding mengirim barang ke Eropa, apalagi Afrika.

 

Adapun, setiap ekspedisi pengiriman mempunyai harga yang berbeda beda untuk ukuran persatu kilogram barang atau per satu CBM barang yang dikirim. Patokan harga adalah kebijakan pihak ekspedisi anda bisa mengkonsultasikannya pada mereka sebelum mengirim barang.

 

Nah, itulah kurang lebih beberapa hal yang menjadi faktor mahal atau murahnya ongkir suatu pengiriman barang ke luar negeri. Untuk informasi selengkapnya anda dapat mengunjungi kilo.id untuk mendapatkan estimasi harga pengiriman paket dari Indonesia ke puluhan negara di dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.