Lifestyle

Tertarik Jadi Pemilik Saham Tesla? Ini Cara Beli Saham Perusahaan Global

Berinvestasi pada saham-saham luar negeri menjadi salah satu langkah yang diambil para investor pemula maupun profesional untuk mendapatkan cuan besar. Sejumlah saham dari perusahaan asing seperti Microsoft, Apple, dan Google belakangan diincar investor karena dinilai menguntungkan. Begitu juga saham Tesla yang sedang naik daun. Tapi, tentu saja sebelum mulai memilikinya, Anda harus cari tahu dulu cara membeli saham yang aman demi keuntungan yang besar.

Meski menggiurkan, saham-saham luar negeri tetap mempunyai risiko, bahkan lebih tinggi karena fluktuasinya bersifat global. Supaya Anda tak menghadapi kerugian besar di kemudian hari, mari cek kelebihan hingga cara aman membeli saham asing untuk berinvestasi.

Mengapa berinvestasi saham luar negeri menguntungkan?

Daya tarik investor luar negeri bukan hanya berasal dari profitnya yang besar. Ketika membeli saham dari perusahaan asing, maka Anda dapat dengan mudah melakukan diversifikasi portofolio di pasar global. Para pakar keuangan pun menyebutkan diversifikasi yang tepat adalah mengikuti ukuran market capitalization bursa suatu negara. Biasanya, negara yang mempunyai market capitalization paling besar akan dipilih investor menempatkan dana sebelum diikuti negara-negara lainnya.

Hingga saat ini, perusahaan asing dianggap mempunyai pertumbuhan (growth) lebih menguntungkan dibandingkan perusahaan lokal yang membuat prospeknya lebih menarik. Amerika Serikat dalam hal ini masih menjadi tujuan utama, sebab rata-rarat sales growth lima saham terbesar di Negeri Paman Sam lebih mengundang, sebab peningkatannya berkisar dari 5 sampai 37%.

Kelebihan-kelebihan lain yang membuat saham luar negeri adalah kemampuannya menghasilkan growth tinggi salam sepuluh tahun terakhir, terutama dari perusahaan-perusahaan teknologi. Pilihan produk bervariasi, komisi fee gratis, dan akses riset luas adalah faktor-faktor lain yang membuat investor menyukai jenis saham ini.

Bagaimana cara aman membeli saham luar negeri untuk investasi?

Ada tiga langkah yang harus dilakukan sebelum beli saham luar negeri, antara lain:

  • Buka rekening saham. Membuka rekening saham hampir sama dengan rekening tabungan biasa. Anda pun hanya perlu mengisi formulir, lalu menunggu sampai verifikasinya selesai. Dengan rekening ini, Anda dapat menyimpan modal dan hasil transaksi selama berinvestasi;
  • Setorkan sejumlah modal. Selanjutnya setorkan modal ke rekening tersebut, baik lewat virtual accound dari bank atau aplikasi khusus. Sesuaikan juga jumlah modal dengan saham yang ingin Anda beli;
  • Lakukan transaksi. Begitu modal sudah masuk ke rekening saham, Anda dapat memulai pembelian saham. Perhatikan jam buka pasar saham luar negeri supaya Anda mendapatkan saham dari perusahaan asing yang diinginkan.

Rata-rata membeli saham dilakukan menggunakan jasa broker. Namun, sekarang sudah ada aplikasi trading dan investasi seperti Nanovest yang memudahkan transaksi, termasuk untuk saham-saham dari perusahaan asing seperti Tesla untuk para pemula.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.