Lifestyle

Bukan Cuma Pelumas, Ini Fungsi-fungsi Lain Oli Mesin untuk Sepeda Motor

Ganti oli mesin motor secara berkala termasuk langkah mudah merawat performa komponen dalam kendaraan. Seperti yang diketahui, oli mesin mempunyai fungsi penting untuk melumasi mesin dan permukaannya, sehingga menciptakan lapisan untuk meminimalisasi celah (clearance) yang muncul dari renggangnya komponen mesin.

Namun, fungsi oli mesin tak hanya sebagai pelumas. Berikut sejumlah fungsi produk tersebut untuk sepeda motor Anda!

  • Membersihkan komponen mesin

Ketika dimasukkan ke dalam sepeda motor Anda, oli mesin akan mengalirkan gram komponen yang disebabkan gesekan mesin. Hal ini akan menjaga kebersihan mesin, sebab oli yang bersirkulasi mengangkat kotoran, sebelum kemudian dibawa ke filter oli. Jika dilakukan secara teratur, pemakaian dan penggantian oli akan menjauhkan risiko mesin kotor. Anda juga tak akan repot mengeluarkan gumpalan kotoran dari kendaraan tersebut.

  • Mendinginkan komponen mesin

Komponen mesin yang bekerja selama berjam-jam dengan jeda istirahat yang pendek berisiko memperpendek usianya. Apalagi kalau Anda jarang mengganti oli dengan yang baru. Mengapa? Karena oli memiliki fungsi sebagai pendingin yang memungkinkan komponen bekerja secara stabil dan menghindari efek samping gesekan. Dengan begitu, performa komponen mesin tetap stabil dan berada di suhu normal.

  • Merapatkan celah antara silinder dengan piston

Fungsi lain dari oli mesin yang belum diketahui banyak orang adalah perapat. Dalam hal ini, oli melumasi bagian-bagian presisis mesin yang akan mencegah kebocoran gas. Misalnya seperti saat oli melumasi dinding piston dan silinder terutama pada ruang atas dan bawah piston. Di sisi lain, Anda perlu memeriksakan komponen mesin apabila keretakan sudah tak bisa dilindungi dan membawanya ke bengkel resmi.

  • Meredam bunyi dan getaran

Tahukah Anda bahwa oli mesin mampu meredam bunyi dan getaran? Hal ini disebabkan oli dapat menyerap getaran menggunakan peredam kejutan saat performa mesin sedang meningkat. Oli lantas akan melicinkan permukaan komponen mesin yang menerima gaya tekan besar, jadi gesekan pun bakal berkurang dan membuat mesin tak cepat aus. Selain itu, mesin yang terlapisi oil juga dapat meredam benturan dan menghasilkan bunyi mesin yang lebih halus.

  • Mencegah munculnya karat

Sebagian besar komponen mesin dalam sepeda motor terbuat dari logam. Seiring berjalannya waktu, komponen-komponen tersebut akan berkarat, bahkan lebih cepat kalau sering mengalami gesekan. Namun, Anda dapat mudah mencegahnya dengan mengganti oli mesin secara rutin. Oli sebagai pelumas akan mengaliri setiap komponen, lalu menjadi pelindung saat melapisi permukaan agar tak mengalami kontak langsung dengan udara atau air.

Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini Anda dapat menggunakan oli mesin dengan lebih baik. Jadi, Anda bisa mengendarai sepeda motor tanpa menghadapi berbagai masalah dan komponen mesin kendaraan tahan lebih lama.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.