Lifestyle

Pengertian dan Fungsi Node

Jika disini Anda tengah menggeluti dunia aset kripto atau tengah mempelajari mengenai seluk beluk tentang aset tersebut, maka salah satu istilah yang mungkin akan Anda temukan yaitu node. Teknologi tersebut mempunyai peranan yang cukup penting di dalam blockchain.

Namun pastinya Anda masih merasa bingung apa itu yang dimaksud dengan node? Khususnya untuk Anda yang masih pemula. Maka untuk mengetahui jawabannya, berikut ini dapat anda simak ulasan singkat mengenai node tersebut.

Apa Itu yang Dimaksud dengan Node itu Sendiri ?

 

Node adalah sebuah perangkat atau sistem yang di sini bisa terhubung dalam sebuah jaringan serta mampu untuk menjalankan fungsi tertentu. Seperti contohnya menerima, membuat atau pun mengirim informasi melalui sebuah saluran komunikasi.

Penjelasan dari node ini cukup bervariasi, yang mana hal tersebut tergantung pada lapisan protokol yang dirujuk. Di dalam konteks jaringan blockchain itu sendiri, node merupakan sebuah perangkat elektronik yang mana terhubung pada sebuah jaringan dan mempunyai IP address.

Biasanya teknologi tersebut adalah titik akhir dari komunikasi maupun transaksi dalam blockchain. Setiap pengguna atau pun aplikasi yang ingin melakukan interaksi dengan blockchain harus melalui node dengan tujuan agar nantinya tujuan bisa mereka capai. Maka dari itu, teknologi tersebut juga seringkali dianggap sebagai salah satu titik redistribusi.

Beberapa kesalahan yang mungkin biasa terjadi yaitu seluruh node dianggap memiliki peran untuk menyediakan fungsi yang serupa di sebuah blockchain. Namun sebenarnya hal tersebut tidaklah benar. Karena tiap perangkat yang terkoneksi pada jaringan blockchain belum tentu merupakan node.

Selain itu juga tiap node yang ada pada jaringan blockchain tidak selalu menjalankan fungsi-fungsi yang sama. Node diklasifikasikan berdasarkan peran masing-masing yang dimiliki di ekosistem blockchain. Secara umum peranannya yaitu untuk bertanggung jawab dalam menjaga semua catatan terjadinya transaksi di dalam blokchain.

Nah, itulah pembahasan yang dapat dijelaskan mengenai pengertian dan fungsi dari Node itu sendiri. Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin mengetahui tentang Node yang satu ini, terutama bagi anda yang masih pemula. Maka anda dapat mengunjungi situs kami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.