Superskor

Fakta Kemenangan Manchester United atas Villarreal di Liga Champions, 3 Rekor Ronaldo & Peran de Gea

Manchester United sukses mengalahkan Villarreal dalam matchday kedua Liga Champions, Kamis (30/9/2021). Bermain di Old Trafford, Manchester United harus berjuang keras hingga injury time untuk memastikan kemenangan 2 1 atas tim tamu. Villarreal unggul lebih dulu melalui sontekan dari Paco Alcacer pada menit ke 53.

Sebelum Manchester United membalas melalui gol indah Alex Telles di menit ke 60 dan Cristiano Ronaldo pada menit 90+4. Berikut adalah fakta dan statistik menarik di balik kemenangan Manchester United dikutip dari Opta, Statman Dave dan Sky Sports Statto. Kemenangan atas Villarreal juga tidak lepas dari performa David de Gea di bawah mistar gawang Manchester United.

Kiper berusia 30 tahun ini, setidaknya melakukan 6 penyelamatan penting untuk Manchester United. Dari 6 penyelematan tersebut, semua ancaman berasal dari dalam kotak penalti. Salah satunya adalah sundulan Yeremy Pino di awal babak pertama yang masih bisa diantisipasi oleh De Gea.

Sebagai perbandingan, xG Manchester United di laga ini adalah 1.26 berbanding 2.63 milik Villarreal, artinya, secara kualitas, peluang Villarreal jauh lebih berbahaya dibanding tuan rumah. Selain itu, De Gea juga mengemas 14 umpan sukses dari 14 kali percobaan. Dan David de Gea kembali menunjukkan kelasnya, membuat Dean Henderson, nampaknya masih akan cukup lama berada di bangku cadangan.

Gol dari Paco Alcacer di awal babak kedua, bukan hanya memberi harapan untuk tim tamu mengemas tiga angka. Alcacer menjadi pemain Spanyol kedelapan yang mencetak gol ke gawang Manchester United di Old Trafford. Pemain asal Spanyol pertama yang mencetak gol ke gawang Manchester United di Old Trafford adalah Jose Manuel Jurado pada 2011, yang saat itu memperkuat Schalke 04.

Sayang, gol dari Alcacer tidak membuat Villarreal memebawa pulang tiga angka ke Castellon. Gol dari skema tendangan bebas Bruno Fernandes kepada Alex Telles, menjadi salah satu pelecut Setan Merah untuk membalikkan keadaan. Ini juga merupakan gol perdana Alex Telles untuk Manchester United, sekaligus memberikan catatan baru untuk pemain asal Brasil di Old Trafford.

Ia menjadi pemain asal Brasil ketujuh yang mencetak gol untuk Manchester United. Mantan pemain FC Porto ini sejajar dengan Kleberson, Rafael, Anderson, Fabio, Andreas Pereira dan tentu saja Fred. Bruno Fernandes menjabat kapten untuk Manchester United, kritik sempat diberikan karena mestinya Ronaldo yang lebih layak menyandang jabatan tersebut.

Tetapi, Bruno Fernandes membungkam kritikan tersebut, ia menjadi metronom dan pemimpin untuk Manchester United di laga ini. Selain itu, ia juga memberikan satu asis untuk gol dari Alex Telles pada menit ke 60. Itu adalah asis ke 7 Bruno Fernandes untuk Manchester United di Liga Champions dan Liga Eropa.

Ia juga mengemas 22 penampilan dan 12 gol untuk setan merah di kompetisi benua biru. Sayangnya, rekor tersebut tertutupi oleh penampilan Ronaldo yang juga sangat cemerlang. Ronaldo memang masih sangat vital untuk Manchester United, terbukti, golnya lah yang mengunci tiga poin perdana United di Liga Champions musim ini.

Gol tersebut menjadikannya pemain tertua kedua yang mencetak gol di Eropa untk Manchester United di usia 36 tahun 236 hari. Ronaldo masih kalah dari Bryan Robson yang mencetak gol untuk United pada usia 36 tahun 282 hari ketika melawan Galatasaray tahun 1993. Selain itu, Ronaldo juga mencatatkan diri sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Champions dengan 178 penampilan.

Catatan ini sukses menggeser raihan Iker Casillas dengan 177 penampilan. Selain itu, golnya pada menit ke 90 menjadikannya memiliki rekor baru. Ia adalah pemain dengan gol kemenangan di menit 90 terbanyak dengan tiga gol di Liga Champions, catatan ini sama dengan Sergio Aguero.

Dan masih banyak rekor lain yang bisa dipecahkan megabintang asal Portugal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.