Nasional

Hari Ini Batas Akhir Beli Pelatihan Pertama di www.prakerja.go.id bagi Prakerja Gelombang 19

Peserta Kartu Prakerja Gelombang 19 yang belum mengikuti pelatihan pertama harus segera memilih pelatihan di . Melalui akun instagram @prakerja.go.id, pihak Manajemen Kartu Prakerja mengumumkan tentang batas akhir memilih pelatihan pertama Gelombang 19, Selasa (28/9/2021). Disampaikan, pembelian paket pelatihan bagi pemegang Kartu Prakerja Gelombang 19 paling akhir dilakukan pada hari ini, Kamis (30/9/2021).

Hal tersebut dimaksudkan agar status kepesertaanmu tidak dicabut serta dana pelatihan tidak ditarik. Sehingga, jika kamu terdaftar sebagai penerima Prakerja Gelombang 19, maka segera memanfaatkan kesempatan mengikuti pelatihan di laman . Dalam laman Prakerja tersebut terdapat banyak pilihan pelatihan yang dapat kamu pilih.

Kamu dapat memilih pelatihan sesuai bidang kerja yang kamu minati. Saat ini, Kartu Prakerja bekerjasama dengan delapan mitra, yaitu Bukalapak, Tokopedia, Ruangguru, Mau Belajar Apa, Pintaria, Sekolahmu, Pijar Mahir, dan Kemnaker.go.id. Platform digital tersebut memilih banyak lembaga pelatihan yang nantinya dapat kamu ikuti.

1. Pilih sesuai bidang keahlian yang kamu minati di Prakerja, klik menu , Misalnya, cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial dan lain lain; 2. Pilih pelatihan yang dapat meningkatkan skill yang kamu miliki;

3. Baca rating dan review pelatihan pada setiap Platform; 4. Bandingkan biaya pelatihan antar Platform; 5. Pastikan pelatihan yang ingin kamu ikuti memberikan sertifikat tepat waktu, lihat pada kolom review atau tanya pada peserta gelombang sebelumnya;

6. Mengecek tren pekerjaan yang banyak diminati di menu ; 1. Cyber Edu Inkor Platform yang menawarkan pelatihan untuk menguasai teknik pemasaran UMKM hingga menjadi Manajer Pemasaran.

2. PT Yureka Edukasi Cipta Platform pelatihan ini menawarkan skill untuk merencanakan penjualan produk bagi pedagang melalui internet. 3. Karier.mu

Platform ini menawarkan pelatihan membuat perencanaan Marketing bagi Spesialis Pemasaran. 4. Skill Academy oleh Ruangguru Platform ini menawarkan pelatihan tentang Content Marketing, Content Writing , dan SEO untuk menjadi Spesialis Pemasaran.

Dalam mengikuti semua pelatihan, tidak semua peserta dapat memilih pelatihan dengan lancar. Beberapa peserta mungkin memiliki jaringan internet yang kurang stabil, salah memasukkan Nomor Kartu Prakerja dan OTP, atau belum mendapatkan dana pelatihan. Jika kamu telah memastikan semua data telah benar, namun masih mengalami masalah, kamu bisa menghubungi customer service dari mitra Platform Digital di bawah ini:

1. Bukalapak: 021 508 13333 2. Mau Belajar Apa: +62 811 8807 172 (WhatsApp) 3. Pijar Mahir: +62 821 1111 3630 (WhatsApp)

4. Pintaria: 5. Sekolahmu: +62 813 1579 2171 (WhatsApp) 6. Sisnaker: 021 508 16000

7. Tokopedia: Perlu diketahui, semua penerima Kartu Prakerja wajib melakukan pembelian pelatihan sebelum masa kadaluarsa dana Prakerja. Dana Kartu Prakerja akan ditarik kembali apabila kamu tidak melakukan pembelian pelatihan sesuai batas akhir yang diberikan Prakerja.

Kemudian, semua pelatihan yang telah dipilih wajib diselesaikan sesuai jangka waktu dari lembaga pelatihan yang diikuti. Peserta dapat mengikuti dua pelatihan, namun hanya dapat dilakukan secara berurutan yaitu dengan menyelesaikan pelatihan pertama terlebih dahulu. Kamu tidak bisa mengganti pelatihan yang sudah dibeli meskipun belum kamu ikuti. Kamu harus mengikuti pelatihan tersebut sampai selesai.

Sehingga, kamu harus menyelesaikan pelatihan pertamamu dan mendapatkan sertifikat dari platform yang kamu ikuti. Ingat, setelah kamu menyelesaikan pelatihan pertama serta telah memberikan rating dan review pada Platform yang kamu ikuti, pihak Prakerja akan memberikan dana insentif sebagai biaya mencari kerja. Dana tersebut akan dikirim melalui rekening bank atau e wallet milikmu yang sudah disambungkan dengan akun Prakerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.